Menganalisis Etika Bisnis dalam Sebuah Iklan diTelevisi

Menganalisis Etika Bisnis dalam Sebuah Iklan diTelevisi

Iklan Produk Indomie Goreng Rendang:

Dalam budaya China, mie adalah simbol kehidupan yang panjang. Makanya, mie secara tradisional sering disajikan pada acara ulang tahun dan saat Tahun Baru Cina sebagai lambang umur panjang. Sehingga versi kue ulang tahun China adalah mie ulang tahun.
Di Jepang, mie dimasukkan ke dalam upacara minum teh Jepang dan membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri di negara tersebut. Mie bahkan menjadi lebih penting di Jepang setelah Perang Dunia II, ketika kekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.

Makanan pengganti kebutuhan pokok ini sudah ada sejak tahun 1970. Dengan berbagai varian penyajian maupun rasa. Penyajiannya ada dalam bentuk rebus (berkuah) maupun dalam bentuk goreng (tanpa kuah).

            Indomie adalah merek produk mie instan yang sangat populer di Indonesia dan Nigeria. Indomie diproduksi oleh PT.Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Produk paling sukses dari perusahaan milik Sudono Salim ini mulai diluncurkan ke pasar sejak tanggal 9 September 1970, dan pertama kali hadir dengan rasa Ayam dan Udang. Selain dipasarkan di Indonesia, Indomie juga dipasarkan secara cukup luas di manca negara, antara lain di Amerika SerikatAustralia, berbagai negara Asia dan Afrika serta negara-negara Eropa, dan itu menjadikan Indomie sebagai salah satu dari segelintir produk asli Indonesia yang mampu menembus pasar internasional . Di Indonesia sendiri, sebutan “Indomie” sudah umum dijadikan istilah generik yang merujuk kepada mi instan.

Harga Indomie yang ekonomis dan cita rasanya yang telah disesuaikan dengan selera Indonesia membuat produk mi instan ini sangat digemari oleh masyarakat. Bahkan, tidak jarang warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri membawa Indomie untuk mengatasi masalah ketersediaan makanan yang praktis dan sesuai dengan selera Indonesia. Kepraktisan dalam penyajiannya dan mudahnya pendistribusian membuat Indomie menjadi andalan warga Indonesia saat terjadi tragedi bencana alam untuk mengatasi masalah keterbatasan dan kelangkaan bahan pangan di lokasi dengan segera.

Indomie diklaim sebagai makanan yang sehat dan bergizi oleh produsennya. Produk mi instan ini disebut memiliki berbagai kandungan gizi seperti energiproteinniasinasam folat, mineral zat besi, natrium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B6, dan B12. Meskipun begitu, konsumsi Indomie yang terlalu sering tidak dianjurkan, sebab Indomie mengandung pewarna tartrazine yang tidak baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Beberapa perusahaan lainpun banyak menciptakan suatu kreasi mie dengan berbagai rasa. Begitu pula dalam pemasarannya melalui berbagai media. Perusahaan-perusahaan tersebut berlomba-lomba membuat semenarik mungkin memasarkan produknya, agar para konsumen tertarik ingin mencoba produk dari perusahaan tersebut. Dalam hal ini saya akan membahas pemasaran salah satu produk Indofood yaitu Indomie Goreng Rendang.

Perusahaan ini memilih para remaja untuk menjadi artis dalam iklan ini. Bagaimana 3orang lelaki mendekati anak seorang ibukosnya. Salah satu dari mereka memasak indomie goreng rendang. Karena setiap orang mempunyai selera yang sama terhadap makanan ini

Kelebihan Indomie Goreng Rendang:

  • Rasa sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia
  • Memiliki rasa berbeda dibandingkan produk mie lain.
  • Memadu padankan makanan yang diminati orang pada umumnya
  • Frekuensi penayangan lebih banyak sehingga mudah diingat para konsumen
  • Rasanya lebih nendang.
  • Pernah menggunakan artis terkenal seperti grup vocal RAN dan artis cantik Sandra Dewi

Menurut saya dalam iklan ini terlalu banyak menggunakan para remaja. Begitu pula dengan iklan yang dipasang sebelum iklan baru muncul. Perusahaan menggunakan artis bernama Sandra Dewi. Jadi mengibaratkan seolah-olah hanya para kaum remaja saja yang banyak tertarik pada mie tersebut, padahal semua orang mengetahui bahwa setiap orang dari kalangan apapun pasti mereka menyukai mie.

Sumber:  –http://blog-ansyari.blogspot.com/2012/09/sejarah-panjang-mie-instan-indomie.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Indomie

http://www.budiutomo.com/2011/09/jenis-mie-coba-lihat-yang-berumur-4000.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: