PENGERTIAN dan JENIS (METODE, DATA, dan VARIABEL)

1. Metode pengumpulan data penelitian:
a. Observasi
Observasi atau pengamatan melibatkan semua indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, pembau, perasa). Pencatatan hasil dapat dilakukan dengan bantuan alat rekam elektronik kemudian dituliskan sebagai skrip

b. Wawancara
Wawancara terbagi menjadi:
a. Wawancara tidak terstruktur
b. Wawancara terstruktur

Wawancara tidak terstruktur
• Merupakan langkah persiapan wawancara terstruktur
• Pertanyaan yang diajukan merupakan upaya mengali isu awal
• Sifat pertanyaan spontan

Wawancara terstruktur
• Pertanyaan sudah disiapkan, karena sudah dirancang data/informasi apa yang dibutuhkan

Jenis Wawancara:
a. Wawancara langsung (face to face)
b. Wawancara tidak langsung: misalnya dengan telepon atau internet (on-line)

c. Kuesioner (Daftar Pertanyaan)
Kuesioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden. Jawaban responden atas semua pertanyaan dalam kuesioner kemudian dicatat/direkam. Kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang efisien bila peneliti mengetahui secara pasti data/informasi apa yang dibutuhkan dan bagaimana variabel yang menyatakan informasi yang dibutuhkan tersebut diukur.

2. Pengetian dan Jenis Data

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

3. Pengertian dan Jenis Variabel
Variabel adalah segala sesuatu yang bisa mengandung berbagai nilai. Nilai –nilai ini bisa berbeda pada waktu yang berbeda untuk orang atau objek yang sama pada waktu yang sama tetapi orang atau objek yang berbeda. Terdapat 4 jenis variable yang sering dgunakan dalam analisis statistik yaitu :
1. Variabel dependen
Adalah yang menjadi perhatian utama dalam sebuah penelitian. Disebut dependen karena nilai-nilai variabel ini tergantung pada variabel lainya. Salah satu tujuan utama dalam sebuah penelitian adalah bagaimana kita dapat memahami dan menjelaskan variabilitas dari variabel ini atau memprediksinya.
2. Variabel Independen
Adalah salah satu variabel yang mempengaruhi variabel dependen baik secara positif maupun negatif. Jika variabel independen ada, maka disitu terdapat pula variabel dependen. Setiap kenaikan dari variabel independen akan menyebabkan kenaikan pula pada variabel dependen.
3. Variabel Moderator
Adalah variabel yang mempengaruhi (dalam hal ini memperkuat) hubungan antara variabel dependen dan independen. Dengan demikian, kehadiran variabel ini akan mempengaruhi hubungan antara variabel dependen dan independen.
4. Variabel Intervening
Adalah salah satu variabel yang muncul antara waktu variabel independen mulai mempengaruhi variabel dependen. Variabel ini muncul pada saat dampaknya dirasakan oleh variabel dependen, dalam hal ini variabel intervening berkaitan dengan, kualitas atau dimensi waktu.
Referensi:
http://flashnet.forumotion.com/t43-pengertian-data-dan-informasi
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=8503

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: